Seminar Proposal STIDAR Sangat Berwarna

stidar, kampus peradaban, corong ilmu pengetahuan, ganding, sumenep, pamekasan, sampang, bangkalan, madura


Lalampan.com. 2023. Di awal tahun 2023 ini Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR)  Ganding Sumenep kembali menggelar Seminar Proposal atau yang biasa dikenal dengan sempro (bukan semprotan ya). Seminar proposal merupakan tahap pertama dalam menyelesaikan tugas akhir bagi mahasiswa yang telah memasuki semester akhir, terutama bagi mahasiswa yang hendak lulus, jika masih ingin bertahan lama di kampus, maka tidak perlu terburu-buru untuk membuat proposal skripsi dan ikut seminar.

Saatkuliah memang serba sulit, supaya bisa diterima pun juga sulit, harus melaluiberbagai macam seleksi dan lain sebagainya, mau lulus pun juga demikian, tidak sekedar langsung keluar, beres, iya bisa juga keluar, berhenti, tapi tidak membawa gelar sebagaimana mestinya. Salah satu syarat kelulusan di kampus, seperti STIDAR adalah menulis skripsi, diawali dengan mengajukan judul, menulis proposal (bukan proposal meminta-minta dana ya) proposal tersebut memaparkan latar belakang penelitian beserta perangkat lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Jika sudah selesai menulis proposal, diseminarkan, diujikan. Mahasiswa mempresentasikan hasil tulisannya dihadapan penguji.

Maos jugan

Seperti yang terjadi hari ini di Hall Ibrahimi kampus 1 STIDAR, ada 23 mahasiswa mengikuti seminar proposal yang terdiri dari dua program studi. Dalam seminar tersebut hadir menyaksikan langsung Ketua STIDAR, Kiai Junaidi M.Pd MM, Ketua LP3M Kiai Ainul Yaqin dan Ketua LPM Bapak Khamsil Laili.

Menurutbapak Khamsil Laili kegiatan seminar berjalan lancar, mendung dan gluduk hanyabersuara di luar, artinya kegiatan ini tidak ada gangguan apapun.

“Kami sangat bersyukur, meskipun musim hujan, hari ini hanya mendung dan bunyi gluduk hanya di langit sana. Harapannya, mahasiswa segera melakukan revisi, kemudian dapat melanjutkan penelitiannya dengan cepat, sehingga cepat selesai, kami menargetkan pada akhir Juni nanti bisa diadakan ujian Skripsi.” Tegasnya pada lalampan di sela-sela kesibukannya.

Beberapa mahasiswa merasa sangat senang bahwa perjuangan menulis proposal sudah sampai tahap seminar atau ujian, seperti yang diutarakan Panji Pamongkas yang berupaya meneliti tentang Kompolan sebgai media konselling pemuda di desanya.

“Saya ingin meneliti kompolan yang saya pikir membawa perubahan terhadap kondisi remaja.” Celetuknya setelah keluar dari ruang seminar di lantai dua itu.

Maos jugan

Senada dengan Fauzi yang mencoba memaparkan bahwa Kewirausahaan sudah harus tumbuh dalam diri siswa SMA/MA atau pun SMK. Penelitiannya tentang kewirausahaan menjadi fokus utamanya. Dirinya merasa perlu meneliti sejauh mana tumbuhnya kewirausahaan dalam diri siswa-siswa SMK. Hal ini untuk dijadikan bahan pertimbangan bahwa kewirausahaan untuk meminimalisir pengangguran.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak