Bola Kasti Putri Tersaji di Ultah Garuda Hitam

 

Bola kasti putri di madura

Lalampan.com. 1444. Babak baru permainan Sepak Bola Kasti. Di kawasan timur daya ( wilayah Gapura, Dungkek, Batang-Batang, Batu Putih) dan sekitarnya, seperti Dasuk hingga Manding, salah satu olahraga yang cukup populer adalah Sepak Bola Kasti. Permainan ini dimainkan oleh dua regu (grup) yang terdiri dari 12 pemain untuk masing-masing regu di lapangan yang memangjang 80-100 meter dengan lebar lapangan sekitar 3-5 meter (ada pula dengan lebar 6-8 meter). Ada tim penyerang dan tim penghadang.

Tim penyerang berada di depan untuk melakukan pemukan bola. Di sebuah kotak yang telah disediakan, satu pemain berdiri, untuk memukul bola. Sang pengumpan juga berdiri berhadapan bersiap untuk mengumpan bola. Sang pemain memberikan tanda (aba-aba) setinggi apa bola mesti diumpan. Bola itu harus jatuh di dalam garis, jika di luar garis, bola tersebut dianggap mati (off), maka sang pemain jika kembali ke tempat semula, tidak mendapatkan poin.

Sedangkan tim lawan (tim penghadang) berada di tengah lapangan, berapa orang berada di depan untuk menangkap bola yang telah dipukul oleh pemain tim penyerang. Tim Penghadang akan menangkap bola tersebut untuk dihantamkan pada pemain tim penyerang. Jika mengenai tim penyerang, terutama yang baru saja memukul, kedudukan akan ditukar. Yang tadinya menjadi tim penghadang, akan menjadi tim penyerang. Satu persatu dipanggil untuk melakukan pemukulan bola.

Pada ulang tahun Garuda Hitam (salah satu klub dari Kecamatan Dungkek) mempertemukan dua sepak bola kasti putri (women). Menurut pengamat Kasti timur daya, Eko Da Silva (selain pengamat beliau juga sebagai pengumpan bola) menuturkan bahwa sekarang nyaris wajib setiap klub bola kasti memiliki klub bola kasti putri/wanita, seperti Sepak Bola Liga 1 Indonesia, atau seperti liga-liga professional di dunia. Memang masih belum merata, namun bisa dikatakan bahwa setiap kecamatan (yang disebutkan di atas), telah memiliki minimal dua klub sepak bola kasti putri.

Seperti laga Spesial pada hari ulang tahun Garuda Hitam yang mempertemukan Putri Asoka vs Sareang. Dua klub kasti putri ini bermain cukup Spartan dan tak mengenal lelah. Permainan yang menghibur menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat sumenep timur daya di tengah badai ketidak pastian ekonomi.

Penonton membeludak dari berbagai kawasan, apalagi dalam tajuk ulang tahun. Tournament sering dilaksanakan oleh masing-masing klub sepak bola kasti yang sedang (akan) merayakan ulang tahunnya, seperti Garuda Hitam tersebut. Garuda Hitam mengundang tim-tim dari berbagai kawasan untuk hadir bertanding, menjaga sportifitas dan membangun persaudaraan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak