Halal Bihalal di Malem Jum’at Wage


Lalampan.com. 1444. Pada malam Jum’at Wage (kamis 27 April), atau menjelang lebaran ketupat, kami rombongan PAC GP (Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda) Ansor tiba di kediaman Sahabat Musyaffak Syafril (Wakil ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur) di Pakamban Daya, Pragaan. Namanya juga jalan pedesaan, tentu saja harus melintasi beberapa jalan yang aspalnya telah terhanyut, sehingga bebatuan pun harus kami lalui. Orang-orang menyebutnya sebagai jalan kottha’an karena bergoncang, namun itu tidak sepanjang jalan (kenangan), ya ada sedikit-sedikit yang membuat punggung terasa begitu burnyu. Untungnya tidak merusak mental kaum ansor.

Apakah jalan tidak gelap? Bayangkan! Sudah malam jum’at gelap pula! Mampus kau dikoyak-koyak kegelapan jalan terjal. Namun karena berangkat bersama, tidak ada kegelapan, karena satu sama lain saling menyinari. Kami berkumpul di Majelis Wakil Cabang (MWC), lalu berangkat bersama. Di depan MWC, tetiba ada mobil Sporty putar arah. Mobil berwarna hitam yang awalnya dari arah pamekasan (dari arah barat menuju sumenep) berputar haluan. Kami yang tak tahu siapa kisanak pun memilih diam.

Maos jugan


Pimpinan kami, Sahabat Imam Ghazali yang juga PPK peragaan (serta bos muda mebel Barokah) mendapat telepon bahwa ada pengurus PC Ansor dari Pamekasan, namun ia telah demisioner. Ia mengendarai mobil hitam katanya. Kami pun berangkat berbondong-bondong. Setiba di kediaman Sahabat Syafril, kami baru tahu bahwa beliau adalah Sahabat Syafi’uddin juga pengurus PW Ansor Jatim.

Kami merasa sangat bahagia dan senang disambut oleh Sahabat Syafril, karena mendapatkan berbagai macam suguhan termasuk suguhan rohani agar bisa istiqomah di GP Ansor, belajar, berproses, berbentur hingga terbentuk, begitu kata dua senior itu. sahabat Imam Ghazali, ketua PAC yang priode kedua ini, menyampaikan berbagai macam kegiatan bahwa PAC Ansor Pragaan telah melakukan kegiatan untuk memperkuat ukhuwah keansoran.

Selama bulan Ramadan, ada safari khotmil qur’an yang tempatnya berpindah-pindah dari satu desa ke desa yang lain. Sebelum itu banyak kegiatan yang telah kami laksanakan. Ucap Imam. Sahabat Syafril sebagai tuan rumah merasa senang karena banyak sahabat-sahabat yang menyempatkan hadir. Pada kesempatan tersebut kami berbincang banyak hal, agar supaya bisa kokoh pendirian dan mantab dalam membangun gerakan di ansor.

Maos jugan

Pengurus PAC GP Ansor Pragaan juga menyampaikan bahwa pihaknya berencana melakukan studi banding dengan beberapa ansor lain untuk belajar dalam peningkatan ekonomi, khususnya ekonomi kreatif. Mendengar hal seperti itu, Sahabat Syafril dan Syafi’uddin terharu, hal ini menandakan bahwa kader ansor ingin sungguh-sungguh untuk bergerak untuk menghadirkan perubahan. Sebagai pengurus PW Jatim, dua sahabat tersebut siap menjembatani Pimpinan PAC GP Ansor Pragaan tersebut agar bisa merealisasikan harapannya, studi banding ke ansor yang dianggap telah mandiri secara organisasi dan ekonomi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak