Jalan Terjal nan Berlubang Pedesa

jalan rusak di madura, sumenep, terutama pedesaan, sumenep, oksigen terbaik



Jalan Terjal Pedesaaan

Lalampan.com. 1444. Nampaknya sudah sangat lumrah dan biasa saja jalan di pedesaan itu tidak beraspal. Entahlah apa penyebabnya… maksudnya hal itu disebabkan oleh apa saja, benarkah sebatas air yang mengikisnya, atau karena faktor hanya sekedar diaspal misalnya. Apakah mesti menunggu bertahun tahun dulu agar bisa diperbaiki. Sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa itu terjadi di pedesaan. Mengapa terlalu lama dibiarkan seperti itu? masalahnya apa itu lho? Atau negara memang mendiamkan bahwa jalan-jalan pedesaan itu selalu tidak nyaman. Biar masyarakat sendiri yang memperbaiki.

Sebenarnya sudah tidak seru dan lucu menceritakan kondisi desa yang selalu memiliki jalan yang tidak nyaman. Kadang aneh. Iya pada akhirnya kita hanya bisa bertanya-tanya: mengapa hal itu terjadi. Sebentar lagi kita akan menyaksikan bahwa orang-orang akan kampanye menawarkan kebaikan-kebaikan yang seperti itu-itu terus. Tapi hasilnya tidak seberapa. Saya sendiri tidak tahu apa penyebabnya. Kita selalu berharap pada mereka yang duduk menjabat, baik bupati atau kepala desa, agar jalan pedesaan itu mendapatkan perhatian serius.

Maos jugan

Di daerah saya, Sumenep, jalan pedesaan masih sangat banyak yang belum beraspal, padahal masyarakat cukup sering melintas di jalan itu. terkadang cukup aneh, jika saya mesti berpikir, mengurangi gaji Bupati, gaji DPRD atau gaji DPR RI agar bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Minimal banyak jalan desa yang lebih bagus, sehingga masyarakat bisa tenang beraktivitas. Sebenarnya sudah lelah sekali bercerita seperti ini. Toh hanya akan menjadi angin lalu. Aiii. Ya hanya bisa kasihan pada masyarakat.

Tidak bisa berbuat lebih. Mau demo sudah tidak mungkin. Tidak akan berhasil. Masyarakat sebenarnya sudah mengeluh tiap hari, namun mereka tidak berdaya. Hanya bisa berbisik-bisik. Marilah kita berbuat untuk negeri. Sampai kebingunan mau bicara apa lagi. Kemarin!!! Beberapa waktu lalu, kita menyaksikan alangkah terkejutnya saat Provinsi Lampung Viral dan semua tertegun bahwa banyak sekali jalan-jalan yang tidak beraspal, rusak dan lain sebagainya. Negara seperti tidak berdaya, bahwa inilah wajah bangsa kita. Mengenaskan memang. Sekarang kita hanya bisa membuat video/tulisan sederhana agar bisa dilihat dan dibaca. Persoalan mereka mau merespon atau tidak yaaa.. kita tidak tahu.

Maos jugan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak