Cara Mengatur Fitur Pesan Sementara pada WhatsApp



Cara Mengatur Fitur Pesan Sementara pada WhatsApp

 

Dunia teknologi tidak bisa lepas dari kata 'perkembangan' dan 'inovasi'. Semakin hari, dari tahun ke tahun, semakin banyak terobosan barunya.

 

Salah satu teknologi yang sering dipakai sehari-hari adalah ponsel pintar. Ponsel, yang awal perkembangannya dimulai dari pesawat telepon, di tahun-tahun terakhir sudah semakin canggih, baik dari sisi perangkat kerasnya maupun perangkat lunaknya.

 

Karena kita akan membahas hal yang paling sering kita gunakan pada teknologi ponsel tersebut, di sini akan diulas tentang salah satu perangkat lunaknya, yaitu aplikasi WhatsApp.


Maos jugan

 

WhatsApp sudah menjadi kebutuhan berkirim pesan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bisnis, pertemanan, keluarga dan lain sebagainya. WhatsApp pun dari tahun ke tahun terus mengembangkan fitur-fiturnya. Kalau yang terbaru saat ini adalah tampilan cerita yang menampilkan gambar tautan yang dibagikan, kemudian ada pula fitur pesan sementara yang dapat menghapus pesan obrolan secara otomatis.



 

Untuk kalangan muda-mudi gen Z mungkin sudah tahu cara menggunakan dan mengatur fitur pesan sementara tersebut. Tentunya generasi milenial dan 'old' juga tahu, kalau bisa atau rajin mengotak-atik aplikasi tersebut.

 

Terus terang, saya baru tahu fitur tersebut di hari tulisan ini dibuat. Salah seorang teman bertanya-tanya tentang fitur tersebut, kemudian saya pun tergerak untuk mencarinya dan ternyata mudah dan sederhana!

 

Baik. Sudah panjang lebar paragraf pembukanya dan yuk langsung kita simak penjelasan mudah dan sederhana tersebut; Fitur Pesan Sementara pada Whatsapp!

 

Pertama; kawan-kawan buka aplikasi WhatsAppnya terlebih dahulu. Kemudian pilih dan ketuk ruang obrolan (chat) yang hendak diatur, baik grup maupun perorangan.

 

Selanjutnya, ketuk titik tiga di pojok kanan atas, kemudian cari dan pilih menu 'pesan sementara'.

 

Setelah itu, akan terdapat pilihan menu pesan sementara tersebut. Ada yang bisa diatur menjadi 24 jam, 7 hari, 90 hari, dan mati. Pilih sesuai kebutuhan.


Maos jugan

 

Yang terakhir, ketuk tanda 'panah kembali' yang ada pada pojok kiri atas dan akan terdapat informasi pengaturan yang sudah diterapkan di akhir obrolan. Ketika keluar dari ruang obrolan pun juga ada tanda 'jam' di foto kontak WhatsApp tersebut.

 

Nah, demikian tips mudah dan sederhana kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

 

*Hafid Ansori aropa’agi oreng Gappora Bara’ kacamadan Gappora. Alumni Sastra Inggris Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga paneka ampon daddi tenga pengajar e almamater epon enggi paneka Mambaul Ulum Gappora. Aktif asareng Sanggar Nun (Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga), saenggana bannya’ ajar noles, musir tor en-laen epon. Samangken nettep e Gappora Bara’ Gappora Songennep.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak