FIFA Resmi Batalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

 

Lalampan.com. 1444. Dilansir dari laman resmi media informasi FIFA  (fifa.com), Federasi tertinggi sepakbola dunia itu dengan tegas menyatakan bahwa Indonesia batal sebagai tuan rumah piala dunia kelompok umur yaitu U-20 (Under 20 tahun). Dalam laman resminya FIFA menuturkan bahwa berbagai tragedi dalam negeri (Indonesia) menjadi landasan dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah, khususnya tragedy yang terjadi pada bulan Oktober 2022  (yaitu tragedy  di Stadion Kanjuruhan Malang, yang menyebabkan 135 orang meninggal dunia). Batalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 diumumkan kemarin (29/03) pasca pertemuan Ketua Umum PSSI yaitu Erick Thohir dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN tersebut ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan surat kepada FIFA di Zurich Swiss.

Dalam beberapa hari terakhir, Isu persepakbolaan nasional sangat hangat, terutama terkait salah satu peserta Piala Dunia U-20 yaitu Israel. Diketahui bahwaIsrael dianggap melakukan invasi terhadap Palestina, berdasarkan hal tersebut, dalam negeri Indonesia terjadi perbedaan pendapat, ada yang menolak kedatangan Tim Israel, ada pula yang siap menerima. Rencananya, drawing atau pembagian group dalam piala dunia akan berlangsung di Bali pada akhir Maret ini, namun karena ada penolakan dari Gubernur Bali, Wayan Koster, serta penolakan juga datang dari Gubernur Jawa Tengah, menyebabkan batalnya drawing (pembagian group) di Bali.

Perdebatan atas kedatangan Tim Sepakbola U-20 Israel pun terpecah menjadi dua kubu, ada kubu menerima dan ada pula kubu yang menolak. Tidak hanya dua gubernur tersebut yang menyatakan menolak, namun banyak tokoh-tokoh yang juga memberikan pendapatnya, baik menolak ataupun menerima.

Maos jugan

Selain dibatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia, kemungkinan besar Indonesia juga akan mendapatkan sanksi. Jika hanya sanksi uang, itu masih bisa diupayakan, namun bila sanksi berupa larangan bermain di level internasional, itu tentu saja akan mengubur mimpi para petarung garuda. Gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga telah mengubur mimpi punggawa muda Indonesia yang selama ini telah berjuang, berlatih keras untuk membutktikan bahwa mereka layak bermain di level dunia.

Sejatinya Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023, jadwal awalnya adalah tahun 2021, namun karena faktor Covid-19 diundur hingga tahun 2023.

meskipun begitu, FIFA tetap akan membantu Indonesia dalam bertranformasi untuk menciptakan persepakbolaan indonesia agar semakin maju, sama seperti negara-negara lain dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak