Punya Hak Suara

Suara Rakyat adalah Suara TUhan


Sekarang bulan Desember, bahkan masih dalam suasana natalan, ya saya ucapkan selamat merayakan Natal, semoga bahagia selalu, selamat dan sejahtera selalu untuk seluruh umat di dunia, seluruh umat dari berbagai golongan atau agama apapun di dunia. Pemilihan Umum akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, hari Rabu, bagi kalian yang telah berusia tujuh belas (17) tahun telah memiliki hak suara, bisa dipilih (seperti menjadi calon Presiden, Wakil Presiden, DPRD, DPD atau pun DPR RI, bisa, silahkan mendaftar) sekaligus kalian bisa memilih, iya kalian yang usianya telah mencapai 17 tahun sudah bisa memilih presiden dan wakil presiden, DPRD, DPD, DPR RI, biasanya kalian tidak perlu mendaftar, jika telah memiliki KTP (kartu tanda penduduk, atau ID Card), biasana sudah ada petugas, yang mencoklit, yaitu pencocokan daftar pemilih secara lebih telitik.

Kalian memiliki hak suara, suara kalian diperhitungkan, karena istilahnya adalah one man one vote (satu orang satu suara), itu meskipun pakai man, tetap bisa menjelaskan bahwa semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan memiliki hak sama, yaitu hak suara yang sama, suara menentukan masa depan bangsa, memilih calon presiden dan wakilnya, DPRD, DPR RI, DPD sesuai yang dikehendaki, Pemilu berasaskan luber jurdil, Langsung, Umum, Bebas Rahasia, Jujur dan Adil. Persoalan di lapangan (bukan lapangan sepak bola), realitanya banyak hal terjadi, seperti kecurangan, itu pun kalau ada, banyak hal yang terjadi, itu memang merupakan bagian kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maos jugan

Jika kalian tidak ingin menggunakan hak suaranya, sebenarnya juga tidak dilarang, seperti menjadi Golongan Putih (Golput), yaitu dengan cara tidak memilih, tidak datang ke TPS, ini hanya contoh ya, tolong dibaca secara seksama,  bahwa ini hanya sebatas contoh, bisa juga datang ke TPS, tapi mencoblos secara tidak sah, itu juga bagian dari dinamika demokrasi. Jika kalian merasa tidak mengenal orang-orang yang sedang bercalon, kalian tanyakan saja pada google, seperti siapa nama lengkap calon presiden dan wakil presiden, calon DPRD serta calon-calon lain. sehingga kalian tahu bahwa kalian ketika memilih calon tidak terkaget. seperti saya ini, sampai pukul 08.30 (26-Dec-23), saya belum mengetahui siapa saja calon DPRD dapil 3, DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Madura, DPR RI Dapil Madura, presiden dan wakil presiden.

Saya sekarang berada di desa yang memiliki kreatifitas tinggi, sehari-hari masyarakatnya mengukir, sejak 2021 saya telah tinggal di desa ini, Cuma saya belum bersuara, kalau ada lorong rusak, sepertinya sejak 2024 nanti saya akan secara konsisten untuk bersuara, ya setidaknya untuk menjadi lelucon lah meskipun belum tentu lucu misalnya.

itu merupakan cita-cita sih, sebenarnya dari kemarin-kemarin saya selalu berdoa, ketika melintasi jalan yang rusak di desa manapun saya selalu berdoa, agar supaya jalan yang saya lintasi itu segera diperbaiki. Setiap individu punya hak yang sama untuk menyampaikan aspirasinya, aspirasi apapun, apalagi hanya sebatas jalan rusak, lorong rusak, itu semacam anjuran, agar segera diperbaiki, itu merupakan hal yang wajar, DPR, bupati, presiden sudah selayaknya selalu siap siaga diiangatkan, agar kebijakannya benar-benar pro rakyat, karena yang memilih dan menjadikan mereka sebagai penguasa ya rakyat.

Maos jugan

Usia Indonesia sudah nyaris satu abad, tapi problem jalan rusak, pendidikan yang tidak merata, literasi yang hanya berkembang di pusat kota, kota yang maju, seperti Jakarta, bahkan di daerah-daerah penyangga Jakarta, masih ada problem-problem seperti itu. tragis memang, kadang dipikir, tidak masalah lah sekalian, presiden memimpin selama Sembilan atau sepuluh tahun yang penting benar-benar serius mau melakukan pembangunan yang merata, bukan selalu di kota-kota yang sudah maju, sehingga seimbang.

Selamat Natal, Selamat Tahun Baru 2024, selamat bersuara!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak