Mahasiswa BKI STIDAR mendaki Gn. Kawi

foto: Jaylani dipuncak Gn. Kawi. 2603 MDPL

Sumenep-STIDAR. Salah satu mahasiswa BKI STIDAR yang sudah menyelesaikan tugas akhirnya, Jaylani melakukan pendakian gunung Kawi yang tingginya mencapai 2603 MDPL.

Mahasiswa yang juga tercatat santri merupakan pecinta alam yang sering melakukan eksplorasi alam, perkemahan (camping) beserta teman-temannya

Sejak sebelum selesai skripsinya, Jaylani sudah menyiapkan pendakian, mulai menjaga kesehatan, mengumpulkan sango dan perbagai macam pembekalan.

Pada hari itu, Jaylani berangkat dari Sumenep beserta rombongan dengan menjadi penumpang bus jurusan Sumenep-Surabaya lalu, dari Surabaya ganti bus menuju Malang. Tiba jam 08.00 di basecamp pendakian Gn. Kawi via Precet. Di basecamp, Jaylani dkk masih menunggu petugas untuk registrasi. 

Pada jam 09.00 penjaga basecamp datang. Jaylani dkk registrasi, mendengarkan arahan dalam menempuh pendakian lalu berdoa. Dimulailah pendakian.

Dalam pendakian kali ini ada hal tak terduga yang menjadi kendalanya, menurut Jay, sapaan akrabnya, 

"Limit waktu istirahat sangat tidak teratur, ini mengakibatkan keterlambatan satu sama salin." Ujar mahasisa yang belum wisuda ini.


"Disini saya jadi belajar, kami ingin mangkat bungkol, mole bungkol, kami harus saling bantu, saling tunggu, tidak boleh egois, medan jalur Precet ini tak bisa diremehkan." Tegasnya

Sejak bulan Juli ini, cuaca sangat ekstrim, sebagaimana arahan di basecamp untuk selalu saling berjaga karena cuaca bisa mencapai titik kulminasi yang bisa mencapai derajat minus celcius.

"Wah, dingin banget di puncak pak, tapi ya terpuaskan dengan keindahan alam. Saya tidak tahu pastinya, minus berapa derajat celcius, tapi alhamdulillah semuanya aman dan pulang dengan selamat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama