Gampang Membuat Daftar Pustaka dengan 2 Aplikasi


Bagi seluruh penulis tentu saja membutuhkan tambahan keterangan yang berupa catatan kaki untuk menjelaskan sumber data tersebut, sumber data itulah yang kemudian bisa berupa metadata. Catatan kaki atau keterangan tambahan (sumber data) memang lebih dikenal dan sangat dekat dengan kehidupan penulis karya ilmiah, seperti peneliti dan mahasiswa tingkat akhir yaitu mahasiswa S1 hingga S3 yang kesemuanya harus menyelesaikan tugas akhir. Yang terkadang harus terkatung-katung dan begitu sangat kesusahan menyelesaikan tugas akhir. Nah kali ini saya membagikan tips-tips untuk memudahkan penyusunan Daftar Pustaka yang biasanya diambil bodynote (catatan perut) atau pun footnote (catatan kaki).

Pertama adalah Microsoft Word (MW)

Kalian pasti sudah sangat mengenal yang disebut dengan MW ini. Aplikasi tempat menulis yang sudah malang melintang ini telah lama menyediakan ruang “REFERENCES” yang di dalamnya banyak bagiannya, seperti Table of Contents (Daftar Isi), AB1 insert footnote, INSERT CITATION & BIBLIOGRAPHY.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut: Pertama buka Microsoft Word. Lalu cari kolom “REFERENCES”  lalu klik “Insert Citation” dan akan muncul seperti ini:

Di kolom “edit”, kalian klik. Dari sana akan muncul kolom untuk menuliskan nama penulisnya, seperti M. Toyu Aradana (Aradana) (Aradana, Strategi Marketing berbasis Metafsika, 1679)

Last name: (Aradana) (ini nama terakhir)

Fisrt name: M (karena nama pertama

Midle name: Toyu (nama tengah)

Lalu klik oke yang ada di bagian bawah.

Jika namanya hanya terdiri dari dua suku kata, maka hanya nama pertama dan nama terakhir yang dimasukkan, seperti: Lailul Ilham (Ilham, 2008)

Last Name: Ilham

Fist name: Lailul

Middle Name: (tidak perlu diisi).

Karena kita sudah memasukkan metadata, maka saat membuat Daftar Pustaka, kita tinggal Klik “Bibliography” lalu akan muncul pilihan: antara Works Cited dan Build-In

Works Cited

(n.d.).

Aradana, M. T. (n.d.).

Aradana, M. T. (1679). Strategi Marketing berbasis Metafsika. Palalangan Art Cultur: Tambul Aneka Publishing.

Ilham, l. (2008). Mengenali Wajah Predator Uang Negara. Bluto City: Aneka Tambul Publishing.

 

Bibliography ini sama dengan Daftar Pustaka. Dan ini bakal berurutan dengan sendirinya. Kita tidak perlu memasukkan satu persatu, alias tidak harus menulis ulang.

(n.d.).

Aradana, M. T. (n.d.).

Aradana, M. T. (1679). Strategi Marketing berbasis Metafsika. Palalangan Art Cultur: Tambul Aneka Publishing.

Ilham, l. (2008). Mengenali Wajah Predator Uang Negara. Bluto City: Aneka Tambul Publishing.

 

KEDUA adalah ZOTERO.

Untuk yang kedua ini mungkin kalian sudah akrab atau masih asing, baru mengenal. Silahkan disimak baik-baik. Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Zotero beserta Zotero Connector. Setelah diunduh (didownload) kemudian diinstal sehingga aplikasi Zotero tertanam di Microsoft word sejajar kolom-kolom di bagian MW (Home. Insert. Page Layout. References………… (sampai ada kolom) Zotero.[1] Kalian buka aplikasi Zotero. Isikan metadata berupa: penulis, judul buku/artikel, tahun terbit, dan lain sebagainya, selengkapnya dan seadanya sebagai sumber data. Seperti kita memasukkan penulis di atas di aplikasi Zotero, yaitu Laiul Ilham. Ketika akan menjadikan Lailul Ilham sebagai referensi (footnote), kita bisa memanggilnya melalui add/edit citation di kolom zotero (MW).[2] Begitu pula dengan M Toyu Aradana. [3] ketika kita akan menjadikan Daftar Pustaka, kita panggil melalui Add/edit Bibliography tanpa banyak pilihan.

DAFTAR PUSTAKA

 

Akmal. “FILANTROPI Dan PEMBERDAYAAN EKONOMI Tinjauan Al-Qur’ān Teks Dan Konteks (Seri Pemikiran Ekonomi Islam),” n.d.

Ilham, Lailul. “Mengenali Wajah Predator Uang Negara.” Aneka Tambul Publishing 4, no. corruption, state, people (2008): 456–90.

M Toyu Aradana. “Strategi Marketing Berbasis Metafsika.” Tambul Aneka Publishing 10, no. Marketing (1679): 145.

Ini akan tersusun secara langsung tanpa harus kita atur satu persatu berurutan berdasarkan huruf abjad (A-Z).



[1] Akmal, “FILANTROPI Dan PEMBERDAYAAN EKONOMI Tinjauan Al-Qur’ān Teks Dan Konteks (Seri Pemikiran Ekonomi Islam),” n.d.

[2] Lailul Ilham, “Mengenali Wajah Predator Uang Negara,” Aneka Tambul Publishing 4, no. corruption, state, people (2008): 456.

[3] M Toyu Aradana, “Strategi Marketing Berbasis Metafsika,” Tambul Aneka Publishing 10, no. Marketing (1679): 145.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama